TERKUAK 5 ALASAN PENTING MENGAPA OLAHAN NUGET BEGITU PROSPEK (Saat pengusaha UKM susah mendapatkan ijin Edar Nugget Beku) « YuyunAnwar.Com

Minggu, 26 Juni 2016

TERKUAK 5 ALASAN PENTING MENGAPA OLAHAN NUGET BEGITU PROSPEK (Saat pengusaha UKM susah mendapatkan ijin Edar Nugget Beku)

Jangan pernah bohong kalau teman teman UKM tidak mendapat kesulitan untuk mengurus ijin edar berupa MD untuk produk olahan nuget ayam ? Jujur semua pasti mendapat masalah dan pasti ditolak karena dianggap tidak memenuhi syarat keamanan pangan. Sedih dan mengenaskan, puluhan eh bahkan ribuan ibu ibu yang membuat nuget rumahan akan berakhir hanya dengan jualan sambil sembunyi sembunyi karena di tolak pengurusan MD nya.

Ijin MD, adalah ijin edar yang dikeluarkan oleh BPOM untuk produk olahan daging beku karena dianggap beresiko tinggi. Mengapa resiko tinggi karena terkait dengan kandungan gizi protein dan rantai dingin yang diperlukan. Dulu, 2 tahun lalu, ijin Nuget masih bisa dikeluarkan oleh dinas kesehatan kabupaten kotamadya sehingga prosedurnya singkat dan investasinya lebih murah.

Sekarang, jangan berharap kalau dinas kesehatan akan mengeluarkan ijin edar tersebut karena wajib bagi pengusaha produsen nuget yang dikemas mendaftarkan ke BPOM propinsi dan pusat. Wiih...seru pastinya karena begitu UKM menyebut daftar untuk nuget maka sejumlah persyaratan yang luar biasa "berat" buat UKM harus ditanggung dengan jumlah investasi ratusan juta untuk membuat sarana dan prasarana mirip pabrik. Pastilah, hanya pengusaha besar yang bisa melakukan itu.

Nuget, apa sih kok benar benar jadi istimewa dan susah dijangkau oleh pelaku UKM ?. Nuget, apa sih bedanya dengan risol ? atau kroket ? semua berlapis tepung, semuanya bisa dikerjakan dengan tangan dan manual. Semuanya belum pernah mencetak rekor membunuh manusia sekian juta karena kasus tidak sanitasi higin sehingga mengancam keamanan pangan. Siapa sih yang harus bilang kalau membuat nuget harus pakai mesin sehingga ijinnya harus industry ?. Ribuan UKM nuget di Indonesia juga membuatnya tanpa mesin canggih, bisa dan aman di konsumsi.

Lantas apa yang menarik ? kalau secara fisik saja antara risol dan nuget tidak memiliki perbedaan yang significant, lantas kenapa Nuget terutama nuget ayam (paling horor) harus memiliki ijin edar yang lebih rumit ?. Bagi salah jika alasan tehnis tidak masuk akal pasti terkait dengan prospek pasar nuget yang luar biasa besarnya di Indonesia.

Terkuak 5 Alasan Penting Yang Membuat Usaha Nuget ini begitu protektif dan seolah olah hanya bisa dikelola oleh perusahaan besar adalah :
1. Nuget merupakan olahan praktis yang sekarang menjadi olahan paling mudah disajikan ibu ibu rumah tangga dengan gizi tinggi,dalam waktu 2-3 menit saja. Olahan ini bahkan mampu menjadi pengganti lauk saat sarapan. duh bayangkan posisinya bisa menggantikan lauk sarapan . berapa banyak orang Indonesia yang sekarang sarapan nuget . Omzet yang fantastis.
2. Edukasi dini, bisnis masa depan, sejak dini anak anak sekarang sudah diedukasi dengan lauk bernama nuget sehingga saat dewasa nanti  nuget pun dikenalkan ke anaknya kelak. Sama dengan orang seusia saya sarapan mengenal soto,akan mengenalkan soto pula.
3. Olahan pengawetan beku adalah pengawetan yang paling sempurna karena tidak ada nutrisi, gizi atau bentuknya yang berubah karena dibekukan. Makanan beku jadi pilihan yang paling praktis dan menguntungkan.
4. Nuget makanan enak dan digemari , dari hasil riset terakhir saya, anak anak usia SD jika makan yang dicari adalah nuget dan sosis.
5. penguasaan taste nuget ayam menciptakan penguasaaan selera sehingga lidah orang indonesia mengenal selera yang sama yakni nuget pabrikan. Karena lidah sudah ter"biasa" dengan olahan nuget, bisa jadi seperti makanan yang sudah terbentuk pasarnya, nuget jadi olahan yang pasarnya sangat prospek sekali.

Jika alasan adalah pasar,lalu mengapa ijin nuget begitu sulitnya bagi UKM. Seolah hanya perusahaan besar dengan fasilitas canggih yang bisa dapat ijin edar MD nuget. JIka pasar memang begitu besar mengapa tidak sama sama dinikmati UKM dan perusahaan besar. Mengapa UKM terdepak ? Apa UKM tidak berhak mengambil share hanya karena yang memperkenalkan usaha ini perusahaan besar saja ? Apa ada perasaan gua yang memperkenalkan produk ini gua pula yang memiliki pasar ini ?

Ayooo jujur dan angkat tangan siapa penjual nuget yang mendapat kesulitan mengurus ijin edar berupa MD ? jujur dan angkat tangan kalian. #catatan galau yuyun anwar


0 komentar