USAHA MENGEMAS SIOMAI, UNTUNG MELAMBAI « YuyunAnwar.Com

Minggu, 30 Oktober 2011

USAHA MENGEMAS SIOMAI, UNTUNG MELAMBAI



Siomai  memang bukan makanan asli Indonesia. Tapi siomay termasuk jajanan yang popular ,digemari di seluruh pelosok negeri oleh segala usia. Di kaki lima siomay bersanding dengan batagor menjadi menu pilihan setiap orang. Sementara  di resto dan hotel, siomay menjadi andalan menu dim sum. Makanan yang dibungkus  bahan terigu tersebut paling cocok disajikan dalam kondisi hangat bersama saus dan sambal. Yang paling popular adalah jenis siomay yang disajikan dengan bumbu kacang, saos dan sambal. Menu ini hampir disukai oleh setiap orang. Jenis siomai ayng dijual kebanyakan siomai ikan dan ayam.

Yang terkenal adalah jenis Siomai bandung . Disajikan dengan sambal kacang, potongan  kol, kentang, telur dan tahu, siomay menjadi daya tarik yang luar biasa.. Ratusan abang siomay berkeliling tiap harinya menjajakan makanan ini. Jenis bakso malang juga menampilkan siomay sebagai salah satu pilihan. Selera makan rata rata orang Indonesia menghendaki rasa yang gurih, lezat dan sensasi (misal rasa pedas). Siomai memiliki standard makanan yang digemari karena didalamnya ada rasa gurih bumbu kacang, lezatnya ikan serta sambal yang pedas, apalagi dengan campuran tepung tapioca yang lumayan banyak dengan tekstur kenyal, jajanan ini dapat memberi nilai lebih yakni mengenyangkan.

Membuat siomai sangat mudah. Dua komponen siomay yakni bagian kulit dan isi, mudah dibuat dan tersedia dalam jumlah banyak. Jenis siomay tidak hanya siomay bandung yang diusung abang abang siomay, tapi juga jenis siomay lain yang banyak digunakan untuk catering, pesta, makanan resto dan seterusnya. Pasar yang ini belum banyak terpenuhi, sementara membuat siomai sendiri sudah jarang dilakukan oleh ibu rumah tangga, catering atau hotel. Agar praktis mereka memerlukan siomai siap jadi yang langsung dihangatkan sehingga mereka lebih efisien. Tampaknya, usaha siomai tak harus dengan mengayuh gerobak layaknya abang siomai tapi memproduksi dan suplai siomai rumahan yang dikemas menjadi ide usaha kuliner yang patut diperhitungkan .

Sebelum memulai hal hal yang perlu diperhatikan agar bisnis siomay focus adalah sebagai berikut :
  1. Kemana Siomay Kemasan Siap Saji dijual ??
Anda dapat memilih dua segmen pasar sekaligus yang bisa anda bidik. Sebagai penyuplai siomay siap masak, tidak perlu membatasi pada satu segmen pasar. Membagi dua segmen berarti harus menciptakan dua image produk siomay sekaligus yang berbeda. Segmen atas yang mewakili kelompok berduit sebaiknya dijual pada kisaran harga yang lebih tinggi, rasa siomay lebih enak dengan kandungan daging yang banyak, bungkus yang bagus dan beri kesan menyehatkan. Sedang kelompok menengah bawah yang menjadi kelompok terbesar rata rata memiliki daya beli rendah. Harga murah, lezat dan banyak paling sering menjadi pertimbangan untuk membeli.

Lebih cerdas lagi, jika Anda menjadi penyuplai tetap kelompok abang siomay yang setiap hari berjualan siomay. Pastikan bahwa mutu siomay yang dibuat sesuai dengan permintaan mereka. Bekerjasama dengan kelompok ini lebih potensial karena mereka aktif berkeliling menjual makanan.

Selebihnya, Anda bisa menjual siomay kemasan Anda di pedagang lapak pasar tradisional. Kemas sesuai dengan kebutuhan sekali makan, dilengkapi dengan bumbu kacang dan sambal. Pedagang lapak tradisional jarang yang menggunakan freezer sehingga kemunduran mutu sangat sering terjadi. Pastikan bahwa siomay anda dijual tetap aman. Jika perlu sediakan sterefoam box sehingga siomay tetap dalam kondisi dingin dan tidak mudah basi.

Untuk segment atas, bekerjasama dengan distributor khusus atau supermarket bisa menjadi pilihan yang paling sesuai. Toko kue yang besar bisa menjadi pertimbangan untuk menjual siomay anda.

  1. Menyusun Produksi Siomay dari rumah
Membuat siomay dari rumah bisa dilakukan . Tidak perlu investasi peralatan yang mahal. Cukup menyediakan alat pengukus siomay , perlengkapan dapur semacam spatula, baki, piring, sendok dll , mesin food processor dan freezer box untuk menyimpan siomay yang sudah siap jual . Jika modal Anda terbatas,tidak perlu investasi mesin siomay terlebih dahulu. Untuk membuat kulit siomay yang enak, bisa memesan langsung dari pedagang kulit siomay dan mie segar yang khusus membuat mie segar. Anda bisa membuat resep kulit siomay sesuai dengan . Produksi yang dilakukan di rumah meliputi kegiatan persiapan dan pembuatan adonan, pembungkusan siomay, pemasakan, pengemasan, penyimpanan dan distribusi siomay.

Aneka siomay yang bisa menjadi pilihan adalah Siomay Ikan , daging, udang, cumi dan ayam. Selama ini yang paling umum adalah siomay ikan. Variasi pilihan ini akan menjadi keunggulan usaha anda.
  1. Mengemas Siomai
Agar siomai aman saat dijual atau agar tidak terkontaminasi, siomai sebaiknya dikemas dengan menggunakan bahan kemasan yang sesuai. Pilih berat atau isi kemasan sesuai dengan konsumen yang akan Anda bidik. Untuk kemasan retail/eceran bisa dengan mengisi kemasan satu porsi (siomay ikan, tahu, pare, bumbu kacang) dalam satu paket. Gunakan plastic kantong PE yang tahan dingin atau kotak karton yang dilapisi plastic. Tambahkan label dan merk yang tepat agar siomai Anda dikenal oleh konsumen. Untuk kemasan “bulk” bisa dibungkus dalam bentuk 1 kg atau isi 50 potong. Jenis ini cocok untuk pedagang siomai keliling, hotel atau catering. Alat pengemas yang digunakan sangat sederhana yakni mesin sealer untuk menutup plastic agar rapat.

  1. Menjual dan Mendistribusikan siomay siap masak
Siomay dalam kemasan dijual sesuai dengan target pasar yang sudah ditetapkan. Untuk mengenalkan siomay Anda, pemberian sample sebagai perkenalan perlu dilakukan. Untuk tahap awal pengiriman siomay dengan jumlah kecil terlebih dahulu untuk mengetahui respon pembeli. Anda bisa menjual siomay dengan system jual putus atau konsinyasi (sesuai dengan jumlah barang yang laku). Karena siomay mudah basi, perhatikan sirkulasi barang. Jangan sampai melebihi batas sehingga produk basi. Makanan yang basi akan mempengaruhi penjualan berikutnya.
Distribusi siomay olahan yang dikemas sebaiknya menggunakan cooler box atau sterefoam agar terlindungi dari debu dan tidak terkena udara panas di luar. Kedua bahan tersebut mampu menahan udara dingin.

Perhitungan Harga Jual Siomay

Untuk menjual Siomay dilakukan penghitungan nilai jual nya.  Penghitungan harga merupakan hal yang paling penting. Jangan sampai terjadi salah harga sehingga merngalami kerugian. Begitupun untuk kelas menengah bawah harga sangat sensitive sehingga harga mahal membuat makanan tidak laku.

Komponen biaya dalam penyusunan harga jual siomay :
1.      Harga dan biaya bahan baku (ayam, ikan, daging) , kulit siomay, bahan bakar, bumbu, sayuran dll.
2.      Pengemasan yang terdiri atas plastik pengemas, wadah tray dan kotak
3.      Gaji karyawan
4.      Biaya tetap  seperti telepon,  listrik , sewa tempat tempat

Contoh Resep Siomay Ayam Ikan
Bahan :
Daging ikan tenggiri/mata belok/kurisi            250 gr
Daging ayam cincang                                       200 gr
Tepung tapioca/sagu                                        100 gr
Es                                                                     100gr (sampai adonan bisa dipulung)
Fosfat*                                                             1 gr
Bawang putih                                                   2 siung (20 gr)
Vitsin                                                               3 gr
Garam                                                              20 gr
Merica bubuk                                                   1 gr

Cara Membuat :
Siapkan food processor.** Masukkan daging ikan, fosfat, garam dan es lalu aduk dengan kecepatan tinggi sampai butiran es halus. Tambahkan tepung dan  bumbu  Aduk sampai tercampur dan kalis sehingga bisa dipulung. Angkat dan matikan mesin.

Ambil kulit siomay, letakkan adonan ditengah, bungkus menjadi bentuk siomay dengan bagian kulit kelihatan lebih lebar. Lakukan sampai kulit habis. Sisihkan.

Siapkan pengukus yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.  Kukus sampai matang selama 20 menit. Angkat dan dinginkan. Kemas dalam wadah tertutup. Simpan di freezer.

*bisa dibeli di toko bahan makanan atau kimia
** Bisa menggunakan mesin gilingan baso jika tidak ada food processor
Jika Ingin Lebih Jauh berkonsultasi atau komentar dapat….????
Perhitungan harga Dan Keuntungan dari Penjualan Siomay dalam kemasan isi 5 biji

Perhitungan harga dan Keuntungan Siomay dalam Kemasann
 Nama Bahan
 q'ty/gr
 Harga/kg/unit
 Biaya yang 

 /biji

 digunakan/Rp.
 Daging ayam 
                   250.00
              35,000.00
                     8,750.00
 daging ikan
                   200.00
              30,000.00
                     6,000.00
 Tapioka
                   100.00
                 5,000.00
                        500.00
 Es
                   100.00
                       50.00
                             5.00
 Fosfat
                        1.00
              35,000.00
                           35.00
 Bawang putih
                     20.00
              10,000.00
                        200.00
 Vitsin
                        3.00
              18,000.00
                           54.00
 merica bubuk
                        1.00
              40,000.00
                           40.00
 Garam
                     20.00
                 1,500.00
                           30.00
 Total
                   695.00

                  15,614.00
 Kulit
                   305.00
              10,000.00
                     3,050.00
 Total
               1,000.00

                  18,664.00
 Hasil jadi
 35 potong






 Harga 1 kg = 35 potong

                  18,664.00
 Harga  satu potong


                        533.26
 Harga siomay Kemasan isi 5


 5 potong siomay


                     2,666.29
 Biaya kemasan plastik

                        600.00
 Total harga 


                     3,266.29
 Perkiraan harga jual  


                     4,500.00
 Selisih keuntungan/pack

                     1,233.71
 % keuntungan


                           37.77




 Asumsi penjualan Per 100 pack


 Omzet 100 pack x Rp. 4500

                450,000.00
 Keuntungan per hari*

                123,371.43

1 komentar:

  1. mantap sekali , saya jadi terinspirasi. Terima kasih bu

    BalasHapus