Menangkap Peluang Usaha Kuliner Ayam Olahan Yang Makin Menantang (Kiat Memulai usaha berbahan baku ayam dari kemasan sampai restaurant) Yuyun Anwar « YuyunAnwar.Com

Jumat, 11 November 2011

Menangkap Peluang Usaha Kuliner Ayam Olahan Yang Makin Menantang (Kiat Memulai usaha berbahan baku ayam dari kemasan sampai restaurant) Yuyun Anwar


Olahan Berbahan Baku Ayam, laris manis ?
Ayam, salah satu sumber protein hewani yang menjadi favorit di seluruh pelosok negeri. Dari olahan ayam tradisional sampai merebaknya olahan ayam modern ala ayam goreng renyah Amerika yang menjamur di beberapa . Ayam memang lauk paling popular. Popularitasnya  bahkan sudah muncul dengan olahan khusus seperti ayam ingkung , ayam bakar dan seterusnya yang dalam acara ceremony tradisional dianggap sebagai menu pilihan. Acara tumpengan selalu disertai dengan lauk ayam. Kebiasaan menyajikan lauk ayam dalam menu sehari hari menjadi salah satu kelebihan mengapa usaha  berbahan baku ayam selalu laris manis. Sebuah kebiasaan sebenarnya jika diartikan secara ekonomis adalah permintaan yang terus menerus.  Karena terbiasa berarti pasarnya sudah tersedia, tidak perlu membuka pasar baru, cukup mengisi kebutuhan yang sudah pasti dibeli.
Olahan ayam laris manis, karena rasanya yang gurih lezat dan kandungan dagingnya cukup banyak. Ayam disukai karena rasa ayam yang nikmat menjadikan lauk ini cocok diolah dengan aneka bumbu atau bahan lainnya dan sesuai menemani nasi/makanan sebagai pokoknya. Sementara kandungan dagingnya yang lebih banyak dibanding tulang, mudah untuk dinikmati menjadikan ayam selalu menjadi pilihan dibanding lauk lain.
Keberadaan bahan baku merupakan salah pemicu mengapa usaha olahan ayam semakin banyak penggemar.Berkembangnya usaha peternakan ayam broiler menjadi pemicu usaha ini karena tidak ada lag kekhawatiran kekurangan bahan baku. Peternakan ayam yang mampu menghasilkan ayam dalam jumlah banyak dan cepat menjadikan bahan ini mudah didapat. Dengan begitu harga daging ayam jadi terjangkau. Sangat wajar, daging ayam menjadi pilihan paling tepat karena rasanya enak, mudah disantap (kebayang menikmati paha ayam cukup dengan memegang tulangnya di ujung)  berdaging dan terjangkau.
Tengoklah di kaki lima sampai restaurant, ratusan usaha ayam bakar bumbu tradisional, ayam panggang sampai ayam goreng dengan berbagai bumbu dan nama yang terkenal, berderet setiap harinya. Puluhan resto dan warung menyajikan aneka olahan ayam siap saji aneka bumbu mulai kecap, bali, gulai sampai bumbu modern saos inggris misalnya dan seterusnya. Olahan mie tampak special jika ditambahan ayam di belakangnya.  Aneka jenis resto mulai makanan Indonesia, cina, jepang sampai barat selalu menyajikan bahan baku ayam. Yang lebih fenominal lagi adalah perkembangan fastfood ayam goreng yang menjadi foto copy usaha ayam goreng dari franchise Amerika ke resto kecil dan gerobak gerobak di jalanan dan perumahan. Permintaanya semakin meningkat.  Olahan ayam kemasan dengan berbagai merk bertebaran di supermarket dan untuk oleh oleh mulai nugget, bakso, karage , chicken spicy dan seterusnya yang siap untuk disajikan ulang. Sangat praktis dan mudah.
Memilih Jenis Usaha Ayam Olahan sesuai kantong
Usaha olahan berbahan dasar ayam bisa dimulai dari rumah sesuai dengan modal yang dimiliki. Usaha olahan ayam bisa berupa siap saji mulai dari skala warung sampai resto dan dalam bentuk kemasan dari home industry sampai pabrikan. Usaha ayam olahan bisa dimulai dengan modal yang kecil dari dapur sendiri sesuai dengan target omzet yang dikehendaki. Untuk peralatan mesin pembuatan bisa menggunakan peralatan dapur atau bekerjasama dengan jasa penggilingan daging di pasar.
Untuk usaha warung investasi yang perlu dipikirkan adalah sewa tempat, pembuatan dan perlengkapan jualan sampai peralatan yang diperlukan. Jika dana yang dimiliki sangat terbatas usaha ini bisa dimulai di depan rumah untuk berhemat biaya sewa. Jika rumah kurang strategis, bisa membuka usaha jasa ayam olahan siap antar. Ini hanya salah satu cara mensiasati keadaan. Yang perlu dipertimbangkan adalah investasi usaha ini relative lebih besar jika dengan skala warung kecuali dengan system mobile misalnya ayam bakar keliling, ayam kentacky keliling dan seterusnya. Banyak cara agar mudah menjual makanan. Membuka warung yang pasti perlu dipersiapkan adalah dana sewa tempat, tenda atau bangunan, meja kursi, gerobak atau perlengkapan sampai peralatannya. Untuk usaha warung paling minim budget investasi adalah di angka 5 jutaaan.
Usaha ayam olahan dalam bentuk kemasan memang tidak memerlukan tempat jualan khusus. Bisa bekerjasama dengan warung atau outlet penjualan makanan misal kue dan makanan segar atau beku. Modal usaha ini memang tidak sebesar warung jika dimulai dengan omzet kecil. Untuk peralatan bisa menggunakan peralatan dapur atau bekerja sama dengan jasa giling. Usaha kemasan relative lebih kecil investasinya dibanding warung. Pilihan jenis usaha yang akan anda geluti menentukan jumlah investasi yang diperlukan.
Jenis Ayam Olahan Yang Lagi Naik Daun
Meski usaha olahan bahan baku ayam relative mudah dilakukan dan dijual namun perlu menjadi catatan penting bagi para pemula usaha yang ingin memulai usaha ini untuk memilih jenis olahan yang sedang naik daun atau prospek tinggi. Beberapa diantaranya adalah :
  1. Ayam goreng krispi Ala Kentacky dengan menggunakan gerobak, counter atau resto sederhana. Di beberapa kota memang trend usaha resto ala fastfood amerika ini makin menjamur dengan berbagai jenis menu ayam nya. Keberadaan resto kecil ini tentu saja banyak peminatnya mengingat restaurant besar jaringan internasional tersebut tidak bisa menjangkau kota kecil atau daerah pinggiran, sementara ayam tersebut banyak peminatnya. Kebutuhan tersebut terpenuhi dengan munculnya resto kecil dan gerobakan ala fastfood Internasional. Usaha ini makin marak dengan bermunculannya pemain franchise ayam goreng.
  2. Ayam bakar bumbu tradisional, usaha ini makin marak baik di kaki lima sampai resto. Dulunya hanya dijual dalam skala kecil saja. Sekarang merebak dan hampir ada di setiap sudut kota sampai kampung. Ayam bakar yang disajikan dengan sambal dan lalapan menjadi menu favorit baik makan siang maupun malam hari. Aneka jenis bumbu mulai kecap, bali, rujak sampai bumbu kuning menjadi pilihan yang semakin variatif. Jenis ayam yang digunakan sangat variatif ada yang menggunakan broiler jika ingin dijual murah, ayam pejantan atau kampung jika ingin dijual lebih mahal.
  3. Ayam goreng bumb tradisional, terkadang dijual bersamaan dengan ayam bakar tapi ada juga yang hanya menjual ayam goreng saja. Beberapa jenis ayam goreng misal bumbu kuning, ayam taliwang, kremes dan seterusnya. Bahan baku bisa menggunakan ayam broiler, pejantan atau ayam kampung. Tergantung segmen pasar yang dibidiknya.
  4. Sate Ayam, sate dengan bahan baku ayam sekarang makin banyak peminatnya. Usaha sate ayam juga cukup prospektif karena sate merupakan salah satu menu andalan yang sering disajikan sebagai lauk. Aneka pilihan bumbu sate dan sambalnya bisa menjadi daya tarik untuk memulai usaha ini.
  5. Soto Ayam, barangkali usaha ini bisa dibilang tak ada matinya. Di banding soto daging sapi soto ayam lebih familiar karena urusan harga nya yang relative lebih murah dibanding soto daging sapi. Aneka soto ayam dari soto kudus, soto Surabaya, banjar sampai jenis soto lainnya rata rata berbahan baku ayam.
  6. Olahan lauk ayam berbumbu siap saji dan siap jual kembali menjadi trend yang berkembang ke depan. Outlet atau warung sudah tidak ingin lagi disibukkan dengan aneka urusan untuk menyiapkan olahan ayam. Muncul olahan lauk berbumbu ayam ungkep yang untuk memenuhi kebutuhan warung atau ibu rumah tangga. Mereka tak perlu memasaknya. Cukup menggoreng saja sesuai dengan kebutuhan.
  7. Olahan ayam siap saji dalam bentuk beku semacam sosis ayam, rollade, bakso , karage atau chicken wing seringkali diawetkan dengan cara pembekuan sehingga tahan lebih lama. makanan ini disukai karena praktis, enak dan mudah disajikan.
  8. Aneka nugget ayam dalam bentuk kemasan menjadi bisnis yang sangat prospektif mengingat kebutuhan nugget untuk lauk sarapan karena ibu ibu sibuk bekerja. Waktu yang singkat membuat orang memerlukan makanan siap masak. Nugget ayam sangat popular dan seringkali dibutuhkan baik kebutuhan rumah, snak maupun lauk untuk catering maupun kantin penyedia sarapan dan makan siang

Mengenal  Bahan Baku (Daging Ayam)
Bahan baku yang berkualitas sangat menentukan hasil akhir dari olahan ayam yang dibuat. Mendapatkan bahan baku berupa daging ayam tidak terlalu sulit. Kita bisa mendapatnya dengan cara membeli di pasar tradisional atau swalayan (untuk konsumsi sendiri) atau langsung membelinya ke peternak ayam (untuk bisnis).  Jenis ayam yang digunakan untuk olahan bisa dari ayam budidaya broiler, ayam penjantan atau ayam kampung. Bahan baku menentukan jenis usaha yang akan digeluti nantinya. Ayam kampung cenderung untuk segmen menengah atas karena mahal.
Bahan baku broiler bisa dipilih dalam bentuk utuh (whole) atau potongan. Jika menggunakan ayam utuh sebaiknya dipilih yang memiliki bobot 1,2—1,5 kg. Tidak dianjurkan memilih ayam yang terlalu banyak mengandung lemak. Berikut ini beberapa istilah bentuk potongan daging ayam yang perlu diketahui.
1.       Whole Chicken  (Ayam Utuh)
Whole chicken merupakan ayam yang sudah disembelih dan dihilangkan bulunya, berada dalam bentuk utuh. Jika memilih jenis ini, kita bisa melakukan pemisahan per jenis bagian ayam sendiri di rumah. Namun, cara ini kurang praktis dibandingkan dengan memilih ayam yang sudah dipotong. Bagian yang bisa dipisahkan adalah bagian dada (chicken breast), paha atas (chicken thigh), paha bawah (drumstick), dan sayap (wing). Bagian kepala, leher, dan tulang dianggap side waste (sisa proses) yang tidak bisa diolah menjadi makanan balut tepung. Bagian side waste bisa digunakan untuk membuat kaldu
2.        Boneless and Skinless Meat Fillet (Daging Ayam Tanpa Tulang dan Kulit)
Jenis ini merupakan daging ayam yang tulangnya dikeluarkan dan kulit bagian luarnya dilepas. Biasanya dibedakan menjadi breast fillet untuk daging ayam bagian dada dan chicken thigh fillet untuk bagian paha. Daging fillet ini cocok untuk membuat karage dan sniztzel.
3.        Chicken Mince (Daging Giling)
Daging giling merupakan bagian kecil potongan daging ayam yang digiling menggunakan mesin mincer. Daging giling sangat cocok untuk membuat chicken nugget dan burger.
4.        Skin (Kulit)
Bagian kulit ayam agak liat, tetapi masih dapat diolah menjadi kulit ayam goreng yang renyah. Agar hasil olahannya bagus dan rasa ayamnya lebih kuat sebaiknya potongan kulit dicampurkan dalam adonan. Kulit ayam juga dapat digunakan untuk membuat tekstur adonan menjadi lebih lembut dan juicy. Memotong kulit ayam sebaiknya menggunakan mesin mincer agar dapat tercampur dengan adonan lainnya.
5.        Fat (Lemak)
Lemak dapat digunakan sebagai pengganti kulit ayam atau minyak dalam pembuatan olahan ayam yang harganya murah. Harga lemak relatif lebih murah. Lemak yang berada di bawah kulit ayam dipisahkan menggunakan pisau.
Pemilihan Bahan Baku
Memilih daging ayam yang baik penting dilakukan ketika kita membelinya untuk dijadikan bahan baku pembuatan olahan ayam balut tepung. Memilih daging ayam dapat dilakukan baik yang segar dan beku (frozen). Ketika memilih ayam segar, pastikan ayam tersebut baru disembelih. Sebaiknya tidak membeli ayam yang menggunakan bahan pengawet seperti formalin
Ciri daging ayam yang segar adalah berbau khas ayam segar, daging agak kenyal (tidak lembek), tidak bau apek, dan tidak memar. Daging ayam yang warnanya kehijauan atau baunya menyengat sebaiknya tidak dibeli. Jika, daging ayam tersebut diperoleh dengan cara diantar ke rumah, sebaiknya tidak diterima.
Jika membeli dalam kondisi beku, pastikan daging ayam tersebut sudah dibekukan dengan mesin pembekuan yang cukup. Daging ayam yang dipilih sebaiknya masih dalam kondisi keras. Jika memperoleh bahan baku melalui penyalur daging sebaiknya dicoba dan test dulu mutunya. Penyalur daging yang diajak bermitra sebaiknya yang dapat dipercaya dalam mengendalikan mutu.
Jangan pernah membeli dan menggunakan ayam yang sudah bau karena hasil olahannya akan busuk. Pemilihan daging ayam yang salah hanya akan memboroskan uang. Makanan yang dihasilkannya juga tidak dapat dimakan dan terpaksa dibuang.
Contoh Usaha Olahan Berbahan Baku Ayam (diambil dari buku kursus wirausaha lauk berbumbu, ditulis Yuyun A, cetakan gramedia Pustaka)

Contoh Resep dan Usaha Ayam  Olahan dalam kemasan
Komposisi Ayam Goreng Laos dalam Kemasan Isi 5 potong
Komposis Kebutuhan untuk  10 kg  Ayam Goreng Laos (tahap awal skala dapur)
No
Nama Bahan
Jumlah/satuan
harga/kg
%
Total/Biaya/Rp
1
 Ayam Broiler
                     10.00
    20,000.0
       83.0
            200,000.0

Bumbu




2
Serai
                       0.10
       4,500.0
          0.8
                    450.0
3
Bawang merah
                       0.60
    10,000.0
          5.0
                 6,000.0
4
Bawang Putih
                       0.30
    10,000.0
          2.5
                 3,000.0
5
Kemiri
                       0.20
    25,000.0
          1.7
                 5,000.0
6
Kunyit
                       0.05
       3,000.0
          0.4
                    150.0
7
Lengkuas
                       0.50
       4,000.0
          4.1
                 2,000.0
8
Salam
                       0.02
       4,000.0
          0.2
                       80.0
9
Garam
                       0.15
       1,500.0
          1.2
                    225.0
10
Vitsin
                       0.08
    15,000.0
          0.7
                 1,200.0
11
Gula
                       0.05
       8,500.0
          0.4
                    425.0

Total Jumlah
                     12.05

     100.0
            218,530.0

Air
                       0.50


                    450.0

Air Kelapa
                       1.00


                 1,200.0

Total Biaya yang dibutuhkan



            220,180.0






Perhitungan harga Pokok 10 kg ayam (8 ekor ayam)



biaya 8 ekor + bumbu


Rp.
          220,180.00

Biaya bahan bakar


Rp.
              5,000.00

Biaya tenaga kerja


Rp.
            20,000.00

Biaya simpan/listrik


Rp.
              2,000.00

Total Biaya


Rp.
          247,180.00

Harga pokok per potong 100 gr = 100 potong

Rp.
              2,471.80
Harga  Pokok per pack ayam isi 5 potong




5 potong ayam



            12,359.00

Biaya kemasan



              1,200.00

Total Harga Pokok per pack ayam (berat 500 gr/5 ptng)

            13,559.00

Harga Jual per pack ayam (isi 5 ptng/500 gr)


            18,000.00

% keuntungan



                    32.75






Perhitungan Omzet per hari





Omzet satu hari 20 bungkus (isi 5 potong ayam/pack)

          360,000.00

Biaya operasional per hari



          247,180.00

Keuntungan per hari



          112,820.00

Dari perhitungan diatas bahwa modal yang dibutuhkan untuk usaha ayam goreng bumbu laos investasi Rp. 445,000. Modal untuk pembelian bahan, bumbu, tenaga kerja dan lainnya per hari mencapai Rp. 360,000.  Total Modal Rp. 805,000, tidak sampai mencapai angka 1  juta rupiah. Omzet per hari dengan 20 bungkus ayam goreng bumbu laos (1 pak isi 5 potong/500 gr) adalah Rp. 112,820. Keuntungan satu bulan Rp. 112,820 x 26 hari = Rp.  2,933,320 . Besarnya keuntungan mempercepat balik modal yakni sekitar 10 hari saja.
Cara Pembuatan :
Ayam broiler yang diterima dalam kondisi segar dan bagus. Ayam dicuci dengan air dingin sampai bersih. Bulu halus atau sisa kulit dibersihkan. Potong ayam sesuai dengan standar yakni 100 gr per potong. Total 8 ekor (berat per ekor 1.2 kg – 1.3 kg) menjadi 100 potong. Cuci kembali dengna air dingin. Tiriskan.
Bumbu dibersihkan dari kotoran, cuci dan tiriskan. Serai digeprek dan salam, disisihkan. Semua bumbu dihaluskan. Khusus laos diparut sehingga berserat sehingga nanti laos serat tampak berserat sebagai toping. Ambil sebagian bumbu, campurkan dan sambil ditekan tekan agar bumbu meresap. Simpan terlebih dahulu dalam suhu dingin selama 1 sampai 2 jam untuk marinasi.
Siapkan penggorengan, tumis sebagian bumbu yang tersisa sampai harum. Masukkan ayam yang telah dimarinasi sambil terus diaduk. Masukkan air kelapa dan air sedikit demi sedikit sampai bumbu tercampur dan ayam pelan pelan masak. Diperlukan waktu yang cukup lama dengan suhu pemasakan tidak terlalu tinggi agar bumbu masuk dan sampai air sedikit mengering.
Angkat. Dinginkan. Siapkan pengemas kotak pengemas atau strayfoam. Susun lima potong ayam di dalamnya. Tutup dengan menggunakan plastic wrapping sampai tertutup rapat. Letakkan label diatasnya agar pembeli dapat mengetahui cara masak dan menghidangkannya. (diambil dari buku kursus wirausaha , bisnis lauk berbumbu, yuyun a, cetakan gramedia pustaka, Jakarta).
 TULISAN YUYUN ANWAR DIMUAT DI TABLOID LEZAT EDSUS





10 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum...

    Peluang Usaha dr perusahaan yg didirikan oleh USTADZ YUSUF MANSUR, dgn Modal minimal 350rb, tp potensi income *50.000.000* per bulan.... !!

    Dan keuntunganya bila gabung, walaupun gak jalanin bisnisnya.. tp tetep UNTUNG BANGEEETTTT..

    Soalnya, kita bisa pake minimal buat diri kita sendiri dan keluarga.

    Hanya merubah cara belanja bulanan kita sperti Pulsa, listrik, Pdam, Bpjs, tiket KA pesawat, dll. Dari yg semula kita beli diwarung atau Loket ke HP kita sendiri. Gampang kan.....!


    Coba ni liat..
    Berapa biaya yg kita keluarkan utk sekedar bayar listrik ke PLN..?
    Berapa biaya yg kita keluarkan utk sekedar bayar cicilan ke Leasing..?
    Belum lg Pulsa, PDAM, BPJS, tiket KA dan pesawat, dll

    Liat....
    Ada biaya Bensin, belum ditambah capenya, antri dan banyak waktu yg terbuang yg sebenarnya bisa kita efisienkan

    Yukkk berpikir cerdas..

    Klo kita pake aplikasi PAYTREN, semua hal yg berhubungan dgn bayar2 dan beli2 bisa dilakuin di rumah aja.. tanpa harus cape2, tanpa harus antri dan tanpa keluarin ongkos

    Tinggal klik aja.. semua pembayaran selesai... dan enaknya kita bs dapet tambahan CASHBACK dan KOMISI yg nilainya bs ratusan ribu bahkan jutaan per hari..

    Segera Join PAYTREEENNN.

    Makin Nunda, MAKIN KETINGGALAN..

    Info Daftar : PM saya
    WA: 085854102919
    http://www.treni-network.com/user/Heruhe85

    BalasHapus
  7. Halo,
    Ini tahun baru lagi, kan finansial turun? adalah bisnis Anda menangis untuk kebangkitan keuangan, telah Anda mencari pinjaman di bank dan tangan pemberi pinjaman yang salah dan Anda di mana menolak? mencari lagi, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: anitacharlesqualityloanfirm@gmail.com dan mengisi formulir di bawah ini.

    Peminjam DATA.
    1) Nama Lengkap: ......... 2) Negara: ...... 3) Alamat: ......... 4) Jenis kelamin: ..................
    5) Status Pernikahan: ... ..... 6) Pekerjaan: .......... Nomor 7) Telepon: ........................... 8) Saat ini posisi di tempat kerja: .... ............ 9) Monthlyincome ...... ...................
    10) Pinjaman Durasi: ............... 11) Tujuan Pinjaman: ............... 12) Agama: ............
    13) Tanggal lahir: ........................

    silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah, keberhasilan Anda adalah tujuan kami.

    BalasHapus
  8. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus

  9. We offer fresh cut bank instrument for lease, such as BG, SBLC,Lease and Purchase Instruments can be obtained at minimal expense to the borrower compared to other banking options. This offer is opened to both individuals and corporate bodies.

    DESCRIPTION OF INSTRUMENTS

    1. Instrument: Funds backed Bank Guarantee(BG) ICC-600
    2. Currency : USD/EURO
    3. Age of Issue: Fresh Cut
    4. Term: One year and One day
    5. Contract Amount: United State Dollars/Euros (Buyers Face Value)
    6. Price : Buy:32%+1, Lease: 4%+2
    7. Subsequent tranches: To be mutually agreed between both parties
    8. Issuing Bank: Top RATED world banks like HSBC, Barclays, ING Dutch Bank, Llyods e.t.c
    9. Delivery Term: Pre advise MT199 or MT799 first. Followed By SWIFT MT760
    10. Payment Term: MT799 & Settlement via MT103
    11. Hard Copy: By Bank Bonded Courier


    Interested Agents,Brokers, Investors and Individual proposing international project funding should contact us for directives.We will be glad to share our working procedures with you upon request

    Name:Ardan Clooney
    Email:brandfinance33@gmail.com

    BalasHapus


  10. GLOBAL FUND FOUNDATION : PEMIMPIN DALAM LAYANAN KEUANGAN

    GLOBAL FUND FOUNDATION adalah penyedia layanan keuangan berskala nasional, tetapi kami melihat diri kami sedikit lebih dari itu.

    LEBIH DARI SEKEDAR PENYEDIA LANYANAN KAMI ADALAH MITRA ANDA
    Untuk individu: Ketika datang ke pembiayaan, kami melampaui. Kami tidak hanya melihat angka-angka, kami membangun hubungan yang panjang dan berkelanjutan dengan klien kami. Pendekatan "pelanggan pertama" kami adalah alasan yang membuat pelanggan datang kembaAli.

    Untuk bisnis: Kami melihat diri kami sebagai mitra bisnis Anda. Baik Anda memerlukan hipotek komersial untuk pembelian lahan baru atau uang muka kecil untuk memfasilitasi persyaratan arus kas Anda, kami adalah jaringan layanan keuangan yang masuk ke Kanada.

    KAMI TAHU APA ITU MENGAMBIL.
    Bank tidak melihat Anda apa adanya, mereka bekerja demi keuntungan dan memperlakukan Anda seperti komoditas perdagangan. Kami tahu apa yang diperlukan untuk membuat klien kami senang dan itulah sebabnya kami menjamin layanan VIP untuk semua pelamar kami. Lupakan janji dan jadwal perbankan yang tidak fleksibel; kami selalu tersedia dan siap membantu Anda.

    KITA MENYELESAIkAN PEKERJAAN
    Ada alasan mengapa klien kami terus datang kembali. Kami memiliki layanan pelanggan terbaik di negara ini, reputasi terbaik dan waktu perputaran tercepat. Kenapa pergi ke tempat lain?

    KAMI MEMILIKI SEMUA KEUNGGULAN.
    Volume, keahlian, layanan pelanggan, berbagai mitra pemberi pinjaman dan hubungan yang tak tertandingi: persyaratan untuk tingkat persetujuan aplikasi tertinggi - semuanya dimanfaatkan hanya untuk Anda.

    Setiap orang disambut untuk melakukan bisnis dengan kami, kami tidak keberatan dengan nilai kredit Anda, semua orang diperlakukan sama

    GMAIL:: globalfundfoundation9@gmail.com

    sama sama


    BalasHapus