YOUR MENU IS YOUR BLUEPRINT KITCHEN RESTO « YuyunAnwar.Com

Minggu, 19 Agustus 2018

YOUR MENU IS YOUR BLUEPRINT KITCHEN RESTO


YOUR MENU IS YOUR BLUEPRINT KITCHEN RESTO

Menu adalah bagian yang sangat penting saat mendevelop restaurant. Menu itu daftar makanan dan minuman yang ditawarkan ke konsumen. Konsumen memilih berdasarkan menu yang sudah disusun. Menu secara informative berisikan  available, cara masak, harga dan penampilan. Sehingga jenis menu yang  dijual juga akan mempengaruhi banyak hal yang dari hulu pembelian bahan baku sampai ke perut konsumen.

AVAILABLE, berarti resto harus menyediakan kebutuhan bahan baku dan bahan pendukung semua jenis menu yang sudah dituliskan dalam daftar menu makanan yang dijual. Keberadaan menu pasti mempengaruhi budget dan penyediaan bahan sehingga menu yang dijanjikan selalu ada.

HARGA, pencantuman price list mempengaruhi pola penghitungan harga dengan berbagai pendekatan.  Pendekatan dengan menghitung food cost price sampai based activity costing bisa digunakan sehingga memiliki pola yang benar dan mencapai tujuan,yakni  profitable. Menu engineering bisa jadi adalah tehnik product mix yang membuat harga mendekati penerimaan konsumen  sehingga juga akan berkorelasi dengan jenis menu yang dijual.

PENAMPILAN, masakan atau menu yang disajikan terkait dengan penampilan sajian yang diterima konsumen. Penampilan atau sebut plating menu juga berpengaruh terhadap setting peralatan, lay out dapur dan waktu prepare yang diperlukan.

CARA MASAK, jenis masakan minuman akan mempengaruhi planning penyediaan bahan ,peralatan dan bangunan  yang akhirnya akan mempengaruhi budget bahkan sitting capacity. Semakin besar dapur resto semakin memperkecil sitting capacity. Jenis masakan yang simple dan ready to cook/fast cook method akan membuat dapur resto lebih kecil sehingga cost nya tidak besar. Banyak teman teman UKM yang masih mempergunakan tehnik lama dengan memasak di dapur resto yg sebenarnya membuat dapur jadi lebar dan makan tempat,kurang efisien, workflow yang panjang. Cara masak ini akan membuat bangunan resto mempertimbangkan space, alat yang tersedia, alur kerja sampai tingkat efisiensinya. Banyak yang masih tidak mempertimbangkan lead time to serve . Waktu saji lama dan tidak productive. Re engineering your menu dengan cara portioning baik single serve atau mix serve portioning akan menjadi solusi resto yang ingin makanan tersaji cepat. Manufacturable adalah ukuran yang sering jadi indicator terutama untuk resto yang trafficnya tinggi.

Apapun akhirnya berpengaruh terhadap human dan investasi yang diperlukan. Berapa banyak jika menggunakan orang dan berapa invest jika menggunakan tehnologi dan mesin.
Jangan lupa, akhirnya your menu is your blueprint kitchen resto.

Yuyun anwar, IG yuyun_anwar.
Konsultasi 08176456368
tele praktisikuliner
fb yuyun_anwar


0 komentar