5 CARA KREATIF YANG MEMBUAT BISNIS OLEH OLEH BEROMZET DAYSAT MELESAT « YuyunAnwar.Com

Minggu, 06 November 2016

5 CARA KREATIF YANG MEMBUAT BISNIS OLEH OLEH BEROMZET DAYSAT MELESAT

5 CARA KREATIF YANG MEMBUAT BISNIS OLEH OLEH  BEROMZET DAYSAT MELESAT
Ditulis oleh :
Yuyun Awar
Food Consultant/praktisi pangan
08176456368/fp info kursus kuliner pangan /fb yuyun_anwar

 Bisnis Oleh Oleh Makanan Selalu Beromzet Dasyat
Sebuah kebiasaan lama yang sampai sekarang masih tetap dilakukan “ jangan lupa oleh olehnya ya !”, “wah ini pasti oleh olehnya ya”. Sebenarnya dari kebiasaan itu ternyata berdampak psikologis bagi kita semua, terpacu dan merasa tidak nyaman atau bahkan malu jika tidak membawakan oleh oleh dan ingin memberikan sesuatu kepada teman kerabat keluarga karena sudah berpergian. Oleh oleh adalah barang bukti seseorang telah melakukan bepergian. Apapun bentuknya ada satu hal yang membuat usaha ini tidak bisa dianggap remeh  “oleh oleh adalah barang istimewa”.
Mengapa usaha makanan oleh oleh itu begitu istimewa, analoginya sederhana, oleh oleh adalah hadiah atau buah tangan yang diberikan kepada orang lain dengan harapan membuat orang lain senang, atau maksud lain “celebrating to show” kepada orang lain bahwa kita sudah bepergian ke tempat itu.  Value yang diusung makanan oleh oleh pasti harus dapat memenuhi harapan pembeli. Sehingga sangat wajar makanan oleh oleh itu harus istimewa dan unik. Bisnis makanan oleh oleh sangat jauh berbeda dengan makanan komoditas lainnya. Berapapun akan dibeli asal istimewa, dimana harga kadang tidak jadi ukuran. Ketika anda di bali yang dicari adalah snak ayam betutu, di yogya bakpia, di semarang lumpia atau di Surabaya dengan lorjuknya.
Berkaitan dengan daerah yang dikunjungi yang berarti di tempat dimana pengunjung berasal tidak terdapat makanan tersebut, akan menjadi daya Tarik yang luar biasa. Karena oleh oleh, harga berapapun dan dimanapun lokasinya makanan semacam ini pasti dikejar. Beberapa pengusaha local bahkan begitu focus hanya pada oleh oleh saja omzetnya bermilyar rupiah. Saat anda berkunjung di bali, di benak anda adalah mencari aneka olahan makanan yang dianggap khas bali. Tempat oleh oleh di bali bahkan banyak dikerubuti orang. Tanpa ditawar langsung dibayar.
Banyak yang sukses membuat bisnis oleh oleh karena strategi dan jenis makanan yang dijual mengandung local wisdom yang begitu kuat sehingga tidak mudah tersaingi oleh daerah lain. Ikatan emosi atau bahan baku khas yang hanya ada di daerah tersebut (identifikasi geografis) akan menjadikan oleh oleh tersebut makin tidak bisa tersaingi oleh daerah lain . Pisang dan kopi yang identic dengan lampung, menjadikan lampung dengan oleh oleh khas keripik dan kopinya.  Tanpa cerita yang jelaspun ternyata bika ambon menjadi ciri khas kota medan. Lalu bahkan batagor pun juga menjadi makanan oleh oleh khas bandung. Mengapa bisnis semacam ini semakin merebak di beberapa daerah karena salah satunya keunikan khas yang tidak mudah disaingi daerah lain. Ide ide kreatif adalah jawaban yang menjadikan bisnis tersebut terlihat benar benar berbeda dan menjadi alternative pasar yang tidak sama dengan makanan lain yang bahkan menjadi komoditas karena tidak memiliki ikatan emosi dan nilai yang khusus.
5 Ide kretaif dibawah ini bisa menjadi pegangan bagi anda yang ingin buka usaha makanan untuk oleh oleh yakni :
1.  Ide memperbarui atau mengangkat karakter/ kekayaan local daerah perlu dilakukan sebagai daya tarik utama. Bangga dengan kekayaan local adalah awal dari bisnis oleh oleh daerah. Rendang padang, coto makasar atau rawon di Jawa Timur adalah kekayaan local yang bisa diusung. Gali kuliner local anda pada saat ingin mendesign bisnis oleh oleh daerah, tak perlu melirik daerah lain. Fokus dan cari kebiasaan local dan usung dalam bentuk produk makanan. Sambal Encim begitu sukses menjadi oleh oleh khas Lombok karena menjual kekayaan unik masakan Lombok yakni plencing dan ayam gringing Lombok.  Setiap orang yang ke Lombok akan mencari sambal encim sebagai oleh oleh. Jika anda tinggal di suatu daerah yang memiliki sejarah yang memiliki legenda cerita yang tiada pernah habisnya, ide local wisdom ini sangat powerfull sekali yang membuat anda tidak perlu bersaing dengan daerah lain. Sebagai pengusaha daerahnya originalitas anda pasti lebih dipercaya dibanding orang lain.
2.  Mengangkat Potensi bahan baku unik yang ada di daerah anda dan kreatif membuatnya menjadi up to date. Misal jika di lokasi anda banyak tanaman singkong, oleh olehnya bisa olahan singkong., jika hasil laut sebaiknya kerupuk seafood.. Medan begitu terkenal dengan durian karena sumatera penghasil durian. Potensi bahan baku biasanya bisa digunakan sebagai pilihan jika daerah tidak memiliki kekayaan kuliner yang unik. Ini adalah langkah powerfull juga dengan mengutamakan bahan baku local. Apalagi jika bahan baku itu sangat unik dan tidak ada di daerah lain, membuat oleh oleh anda satu satunya di pasar Indonesia bahkan dunia.  Sulawesi Toraja begitu kuat dengan kopinya karena penghasil kopi toraja yang satu satunya di dunia bahkan, tidak mungkin ditemukan di tempat lain. Ini yang disebut identifikasi geografis. Mengangkat tema nomor satu dan kedua memang menjadi keunikan original yang menjadi ciri khas (DNA) yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Salah satu oleh oleh khas Medan berbahan dasar durian merk SNOPPEN menjadi sangat unggul karena memang durian terkenal di medan.
3. Merekayasa atau mengkombinasikan jenis makanan yang unik yang belum di miliki oleh daerah lain sehingga menjadi daya tarik dan hanya ada di daerah anda. Daya tarik bisa dari  bentuk, rasa atau penampilan yang mengundang selera sehingga menjadi bahan cerita yang akan menghasilkan pengalaman khusus . Pengalaman sangat penting. Dalam hal ini banyak makanan yang kadang tidak memiliki unsur kreatif satu dan dua, tapi menjadi oleh oleh daerah. Sambal bawang  Bu rudy di Surabaya adalah ide kreatif yang pertama kali mengemas sambal dalam bentuk kemasan yang praktis, tidak ada unsur Surabaya menghasilkan bawang atau ada legenda sambal bawang , namun ide kreatif ini menjadikan sambal bawang oleh oleh Surabaya.   Demikian juga dengan Bolu gulung Meranti atau brownis Amanda yang pernah happening banget sebagai oleh oleh bandung . Ingat kekuatan oleh oleh khas daerah adalah lokasi. Kasus Amanda yang akhirnya menjadi produk “availibity everywhere” karena banyak cabang di kota kota besar, akhirnya daya tarik pada saat wisatawan di bandung tidak sebesar dulu. Di rumah sendiri bisa beli kok.
4. Kreatif mengemas sesuai dengan budget dan tema yang diangkat dalam produk oleh oleh yang dibuat. Sebagai buah tangan karena bersifat istimewa kemasan yang bagus menjadi daya tarik yang luar biasa dalam proses pengambilan keputusan pengunjung untuk beli atau tidak. Seenak apapun dodol durian yang pernah saya temukan di sumatera tidak akan menggoyahkan minat untuk membeli hanya karena kemasan yang tidak keren. Keripik pisang meskipun isinya 5 biji tapi dikemas dengan bagus pasti akan dibeli . Daya tarik kemasan sangat luar biasa karena dengan kemasan itu persepsi konsumen bisa dibentuk. Diperlukan kreatifitas saat mengemas oleh oleh khas sehingga tanpa melihat produk pun , konsumen langsung membelinya.
5. Menerapkan pengawasan  mutu makanan yang sesuai dengan skala produksi sehingga dengan biaya terjangkau oleh oleh yang dijual tetap menjamin food safety. Kwalitas yang baik dari mulai pembelian bahan sampai pengemasan akan menghasilkan produk yang tetap konsisten rasa, penampilan dan warna. Menjual makanan erat kaitanya dengan selera dan lidah manusia. Jika rasanya tidak enak, pembelipun enggan untuk membeli. Loyalitas konsumen terkait makanan biasanya juga dipengaruhi oleh fisik makanan. Gigitan pertama pada olahan makanan yang dijual akan menjadi titik awal yang menentukan apakah dibeli atau tidak. Kwalitas adalah jaminan yang membuat konsumen percaya akan branding oleh oleh yang dibuat. Memang menerapkan manajemen kwalitas sangat mahal namun langkah kreatif dengan focus pada pengawasaan mutu secara dini dapat menjadi ide kreatif yang bisa dilakukan.

Apple Pie DEA BAKERY, Oleh oleh unik Yang Mewakili Kota Malang (contoh bisnis kreatif oleh oleh khas Malang)
Jika ingat kota malang, langsung dalam benak muncul buah khas apel. Bayangan apel buah apel dengan tiga varian yang hanya biasanya tumbuh di malang terutama batu, memiliki bentuk dan taste yang berbeda dari apel import. Menikmati apel yang unik tumbuh di malang hanya bisa bisa kota ini. Rasanya belum lengkap jika ke malang tidak membeli apel.
Malang dengan wisatanya menjadi salah satu potensi besar yang dengan serius digarap oleh salah satu toko kue malang DEA BAKERY yang mengangkat Apel Malang sebagai olahan khas. Keunggulan distribusi dengan cabangnya yang tersebar menjadikan DEA BAKERY lebih mudah menyuguhkan olahan khasnya.
Cerita Ibu Mulyani pemilik DEA BAKERY, yang dengan sepenuh hati memilih produk unggulan aple pie malang  sebagai oleh oleh khas, ternyata bukan hanya sekedar buah dibuat apel tapi lebih dari itu, ide kreatif yang membuat aple pie DEA BAKERY menjadi unggul dibanding oleh oleh khas malang lainnya.
Keinginan untuk mengangkat apel yang memang hanya ada di Malang membuat ibu Mulyani begitu percaya karena malang memang penghasil Apel. Dari ulasan 5 kreatifitas yang membuat oleh oleh apel pie dea bakery ini fenominal adalah, kreatifitas dalam memilih bahan dasar apel, inovasi , pengemasan dan pengawasan mutu.
Local wisdom apel pie DEA BAKERY sangat kuat dan tidak mudah disaingi oleh daerah lain karena identifikasi geography apel tumbuh di malang. Bahan baku begitu dekat , lokasi outlet di malang, pembuatan di kota malang.  Di malang tidak ada Pie yang diisi dengan apel. Hanya DEA BAKERY yang pertama kali mengangkat apel dimasukkan dalam kue pie. Tentu saja sebagai  pembuat apel pie khas malang pionir, DEA BAKERY tidak ceroboh. Potongan apel begitu terlihat dan bertebaran di filing pie. Asli potongan apel. Keinginan untuk menyajikan apel malang yang sesungguhnya dalam sepotong pie menjadikan pie apel DEA BAKERY tidak sama dengan lainnya. Jika beberapa perusahaan bisa saja membuat pie apel dengan menggunakan flavor apel seperti beberapa jenis pie pie lainnya yang seringkali begitu karena terbatas bahan baku, DEA BAKERY konsisten menyajikan apel malang yang asli dalam filing Pie.
Inovasi dengan mengkreasikan kulit pie yang gurih empuk dipadu filing apel yang lembut dengan taste khas apel, menjadikan apel pie DEA BAKERY tidak sama dengan pie lainnya yang cenderung keras karena komposisinya yang memang kering. Pengeringan yang berlebihan membuat rasa asli akan hilang. DEA BAKERY menggunakan tehnik slow cook yang mempertahankan rasa apel tetap bertahan menjadi inovasi penting sehingga membuat sepotong apel pie begitu menarik perhatian.
Kemasan yang tepat dan cocok untuk dibagikan sebagai oleh oleh, membuat pembeli rela membeli banyak sehingga bisa dibagi bagi ke kerabat dan teman. Kemasan aman yang melindungi Pie dari kontaminasi udara dan mudah ditenteng untuk dibawa pulang sebagai bukti kunjungan ke malang.
Kreatifitas dalam menerapkan kwalitas, menurut bu Mulyani focus pada pemilihan kwalitas bahan baku, kebersihan , dan sanitasi adalah hal hal sederhana yang bisa dimulai . Yang paling penting dari ide manajemen mutu ibu Mulyani adalah soul of prime quality. Test case sederhana, jika untuk diri sendiri harus mengkonsumsi makanan yang layak dan aman, begitupun untuk pie yang dijual. Sadar yang bisa mempertahankan loyalitas konsumen adalah kwalitas, secara langsung Ibu Mulyani sering melakukan sidak bahkan pura pura membeli pie nya di luar, hanya memastikan apakah mutu kuenya memang prima. Ternyata lebih dari itu, tindakannya keliling dan mengecek taste apel pie setiap harinya adalah preventive measure dan  edukasi pentingnya kwalitas kepada seluruh karyawannya. Menerapkan mind set dengan menjadikan kwalitas sebagai komando, perlu edukasi dan training  yang berkelanjutan. Ibu Muyani tidak pernah berhenti, bertindak dan statemen utamanya sebenarnya  adalah mutu.
Wajar, PIE APLE DEA BAKERY ini terlihat unik , satu satunya di malang karena filingya asli apel malang.  Tapi begitu dimakan, sangat enak sekali, jauh berbeda dari pie lainnya di pasaran yang keras, kasar dan kurang gurih.  Wajar pie aple DEA BAKERY makin melesat, unik, enak dan satu satunya oleh oleh pie dengan apel malang. Jadi sekarang anda tahu bagaimana menyusun usaha oleh oleh agar omzet cepat melezat ?.

 
aple pie dea bakery, isinya full apel malang










0 komentar