KETIKA IJIN EDAR MD MENJADI PELINDUNG SEKALIGUS ANCAMAN BISNIS (Cara tepat Mendapatkan Ijin MD untuk UKM UMKM) Yuyun anwar /praktisi pangan kuliner « YuyunAnwar.Com

Rabu, 19 Oktober 2016

KETIKA IJIN EDAR MD MENJADI PELINDUNG SEKALIGUS ANCAMAN BISNIS (Cara tepat Mendapatkan Ijin MD untuk UKM UMKM) Yuyun anwar /praktisi pangan kuliner

KETIKA IJIN EDAR MD MENJADI PELINDUNG SEKALIGUS ANCAMAN BISNIS
(Cara tepat Mendapatkan Ijin MD untuk UKM UMKM)
Yuyun anwar /praktisi pangan kuliner

Tidak pernah terbayang, ketika bisnis  bakpo beku yang dibangun teman saya ini akhirnya harus berakhir dengan derai air mata. Tidak pernah terbayang bahwa UMKM UKM yang katanya dianggap pahlawan pun harus tunduk pada aturan .
“ Saya dituduh criminal bu.  Bagaimana mungkin saya sudah menciptakan lapangan tenaga kerja. Ditemukan dua produk saya beredar dengan menggunakan ijin PIRT beberapa tahun yang lalu. Saya tidak tahu kok produk itu masih ada, padahal saya sudah tidak produksi lagi “, diskusi nya makin meruncing, dia tidak terima disebut criminal.
“ Ini ada yang melaporkan. Ini persaingan ya bu”, dia semakin meradang ketika produk lamanya dia yang sudah tidak diproduksi ditemukan oleh pihak berwajib di salah satu agen.
Saya tidak bisa komentar lagi, urusan ijin MD bagi UMKM UKM menjadi masalah serius yang hampir semua ukm yang produksi dan mengedarkan makanan pasti mengalaminya, sementara pasarnya luar biasa besar. Produk bakso yang dulunya bisa dikemas dan dijual dengan bebas, saat ini malah menjadi ancaman bagi ukm umkm yang berani beraninya menjual bakso sapi yang dikemas,misalnya.
“ Bukannya tahapan ijin yang sudah kita lakukan sudah memenuhi standard ya bu ?.  Saya sudah tidak mampu lagi menyediakan dana untuk merevisi temuan dari BPOM karena pembangunan dapur saya butuh dana 40 juta lagi. Saya genjot penjualan, dengan harapan uangnya untuk membangun. Ternyata bu, kedahuluan kena razia “, sergahnya makin kesal.
“ Apalagi ada ancaman usaha saya di pasang police line. Kemana saya harus cari uang  lagi ?. Kemana karyawan saya bu ? “, teman saya ini lunglai menyerah.
“ Sebenarnya bagaimana sih bu cara tepat untuk mendapatkan ijin MD bagi ukm kayak kita ini bu ?. Ada solusi kah “, tiba tiba ia menatap saya penuh harap.
“ Begini bu, UU No.18 Tahun 2012 Tentang  Pangan, mengatur mengenai ketentuan Tindak pidana dibidang Pangan. Jadi mau tidak mau kita sebagai warga negara baik itu kecil dan besar ya terpaksa harus patuh. Jika tidak ya dianggap criminal . Ijin edar MD dan PIRT wajib untuk produk kemasan. Kenapa produk harus MD karena masuk kategori High risk (olahan seafood, daging dan susu). Jadi sebagai UKM yang tidak bermodal yang penting adalah niat baik dan upaya kita dalam memenuhi syarat UU itu bu. Urusan lolos atau tidak, setikdaknya jika terjadi razia, kita sudah terbukti sudah menjalankan kewajiban itu semua. Nah, kita sudah mengajukan dan sudah di audit PSB oleh BPOM propinsi. Yuk, kita selesaikan yang mungkin bisa kita selesaikan “, sahut saya.
Teman saya setuju. Dan segera mengambil kertas kuning hasil audit kunjuang dan kertas dari pihak berwajib atas tuduhan tidak memiliki ijin edar.
Tahu engga sih para pengusaha makanan itu kalau tidak memiliki ijin edar makanan kemasan bisa dituduh criminal dengan ancaman hukuman pidana 2 tahun atau denda 2 milyar ?
Bahwa dipidana penjara atau denda Pelaku Usaha Pangan yang dengan sengaja tidak memiliki izin edar terhadap setiap Pangan  Olahan yang dibuat di dalam negeri atau yang diimpor untuk diperdagangkan dalam kemasan eceran, kecuali terhadap pangan olahan tertentu yang diproduksi oleh industry rumah tangga, izin edar mana ditentukan dalam peraturan pemerintah (pasal 142).
Bagaimana Cara mendapatkan Ijin MD untuk UKM ?
Yuk ikuti beberapa tips berikut ini :
Pendaftaran MD dilakukaan dua tahap yakni mendapatkan sertifikasi PSB di BPOM wilayah propinsi dan e regetrasi via online ke BPOM pusat.
Thus sebagai ukm punya dana atau  tidak, segera daftar dengan mengirim surat permohonan ke BPOM propinsi untuk melakukan audit lokasi usaha anda. Tidak dipungut biaya sama sekali. Pihak auditor/inspector akan mendatangi lokasi anda. Sebelumnya lakukan self asesement dengan meminta audit cek list sehingga bangunan sarana dan prasarana yang anda siapkan tidak jauh dari standard BPOM. Jika hasil A atau B, maka anda akan mendapatkan nomor sertifikat.
Bagaimana jika gagal alias C atau E, lakukan perbaikan dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan auditor. Proses ini ada kesepakatan waktu. Status perbaikan PSB menunjukkan bahwa anda sedang berniat baik sesuai regulasi. Bagaimana jika gagal lagi ? lakukan revisi terus sampai anda mencapai nilai yang ditentukan. Lakukan,  tidak ada biaya dikeluarkan untuk BPOM porpinsi. Dan kewajiban auditor untuk mendatang lokasi anda. Kemana biaya keluar ? . Biaya keluar untuk pembangunan sarana dan prasarana yang anda miliki.
Setelah lolos PSB, lakukan pengujian laboratorium sesuai dengan declare dan standar produk yang anda ujikan. Setelah lolos uji laboratorium bisa di lab pemerintah atau swasta terakedritasi. Disinilah anda mengeluarkan uang untuk uji berkisar antara 3-5 jutaan. Untuk masuk dalam e regretasi anda harus punya ijin Industri (IUI), NPWP dan Nomor PSB sebagai kunci untuk mendapatkan nomor pin dari e reg BPOM online. Disinilah biaya untuk MD BPOM itu dibayar, via transfer dan hanya Rp. 500 ribu saja.
Tidak terlalu sulit, orang daerah tidak perlu datang ke Jakarta tapi cukup via online. Konsultasi online. Semua bisa dilakukan pada saat jam kerja.
Biaya yang besar itu diperlukan untuk membangun sarana dan prasarana serta proses pengujian per produk, bukan unutk membayar BPOM nya.
Tiga  bulan kemudian, saya bertemu kembali dengan teman saya. Wajahnya tidak seruwet dulu lagi. Dengan menenteng sterefoam produknya dia senyum senyum tipis.
“ Tahu engga bu, pabrik saya tidak jadi di beri police line. Saya datang ke BPOM propinsi minta dukungan dan memang sedang proses perbaikan PSB kok, saya bukan warga negara yang nakal loh karena saya sudah berupaya keras “, sergahnya.
“ Untuk sementara jualan retail saya hentikan dan saya tidak mengedarkan barang saya , setelah MD saya keluar saya akan jualan retail lagi “, ungkapnya.
“ loh ? “
“Iya, proses revisi PSB  lancar. Terima kasih saran dan tipsnya ya. Semoga bulan ini bisa keluar ya. Auditor bilang ok banget “, dia menyalami saya.
“ Loh…..bu “, saya bengong
“ Karyawan saya tidak di PHK kok, untuk sementara saya jualan produk saya depan rumah dengan siap saji. Laris juga sih. Alhamdulilah . Benar, UKM harus cerdas. Kalau legalitas jadi ancaman ya urus, jika pesaing jadi ancaman, hindari. Hahahahha…..begitulah akhirnya saya yang jadi pedagang bakpo. Hangat .Empuk . Gurih. Bisa pilih goreng atau rebus. Ayoo mana lagi. Pilih pilih….”, teman saya ini tiba tiba sudah mengelar brosur bakponya.
Tiba tiba gurih bakpo ayam membuyarkan konsentrasi saya. Senang melihat seorang teman sudah bisa bangkit lagi. Senang melihat teman UKM yang dulunya merasa ter intimidasi bisa bangkit lagi. Senang meliha seorang teman UKM yang ihlas menjalankan kewajiban beratnya disela ketidak berpihakan, ancaman oknum sampai terberat tuntutan pidana. Senang juga melihat teman teman UKM bangkit dan tidak melihat ijin edar MD sebagai ketakutan yang luar biasa. Jalani. Jalani. Itu saja.
Yang penasaran ingin sukses mengurus ijin usaha (tapi saya bukan broker loh,silahkan diurus sendiri), atau mendapatkan pencerahan dan startegi jitu menghadapi ancaman usaha pesaing dan ijin nya, silahkan kontak 08176456368 pin bb 2bbbdc35 atau fp info kursus kuliner pangan. Atau yang butuh strategi usaha ukm pangan kuliner yang tepat klik www.yuyunanwar.com

0 komentar