5 HAL POKOK MEMBUAT ADONAN SIOMAY BATAGOR LEBIH KENYAL DAN MURAH* by yuyun anwar « YuyunAnwar.Com
pelatihan-kuliner-yuyun-anwar

Sabtu, 15 Agustus 2015

5 HAL POKOK MEMBUAT ADONAN SIOMAY BATAGOR LEBIH KENYAL DAN MURAH* by yuyun anwar


Membuat usaha siomay dan batagor memang ada tehniknya agar lebih murah dan bisa dijual layak untuk skala produksi. Ingat untuk membuat produk harus efisien dan praktis.Seringkali mengeluh karena membuat siomay akhirny jadi mahal kalau hanya mengandalkan resep yang ada. Ada yang bilang bikin siomay bandung tenggiri biar murah harus menggunakan lab...u siam , pakai telur sebagai pengikat dan seterusnya. Ujung ujungnya harga akan mahal juga kok. coba temukan semua resep dipasar metodenya sama cacah ikan lalu campur dengan tepung dan telur. tentunya terlalu mahal jika siomay batagor hendak dijual.

5 hal membuat adonan batagor siomay jauh lebih murah dan praktis yakni :
  1. pengadukan cepat dengan menggunakan mesin mixer/blender yang berkecepatan tinggi sehingga restrukturisasi adonan bisa berjalan bagus. Gunakan mesin food processor atau gilingan bakso.
  2. Rantai dingin dijaga, selama proses pembuatan dari bahan baku sampai pembentukan siomay batagor harus memperhatikan suhu dingin. semakin dingin semakin bagus. Adonan yang dingin membuat bakteri micororganisme sulit berkembang. mutu akan tetap bagus karena terhindar dari pembusukan.
  3. PENAMBAHAN ES BATU, adonan harus ditambahkan es batu untuk menjaga rantai dingin dan secara ekonomis es batu bisa membuat adonan lebih murah lembut namun tetap kenyal.
  4. MENJAGA MUTU BAHAN BAKU, semakin bagus bahan baku yang digunakan berarti semakin bagus kinerja protein untuk mengikat adonan jauh lebih kompak dan rata. Protein mudah rusak karena suhu panas . indicator ikan bagus bisa dilhat dari kekekntalan adonan pada saat dibuat.
  5. Penggunaan fosfat makanan atau sodium tripoliphospate sebannyak 1 - 2 gr untuk maksimal 1 kg adonan akan membuat adonan siomay batagor tetap kenyal.


Jadi untuk membuat adonan yang bagus dan kenyal harus ada alatnya . Jangan menggunakan blender karena bagian bawah blender panas akan merusaka protein ikan. So, adonan bisa murah kan karena bisa ada kontribusi dari es batu . jika ikan bagus bis sampai 25%. Bayangkan, es batu lebih murah dari ikan . naaah.....silahkan dicoba. Semoga bisninis makin sukses.


1 komentar:

  1. saya coba takaran trigu 1kg,aci 1kg,ikan 250 gr. pake air dingin. tpi somay cepet dingin dan keras.kenapa ya?

    BalasHapus