IDE USAHA KUE KERING TANPA TELUR ;CERDAS MENGATASI BAHAN BAKU TELUR YANG MAHAL « YuyunAnwar.Com

Senin, 15 Juni 2015

IDE USAHA KUE KERING TANPA TELUR ;CERDAS MENGATASI BAHAN BAKU TELUR YANG MAHAL



Mengenal Pasar Kue dan Biscuit Kering
Usaha kue kering dan biscuit merupakan salah satu usaha favorit yang paling banyak diminati.  Disamping mudah dibuat, bahan baku mudah didapat dan modal tidak perlu modal padat. Usaha kue yang sering kali dikaitkan dengan hobi ibu ibu  sekarang  tidak lagi dianggap sebagai usaha remeh. Trennya berkembangnya usaha kue ini semakin terlihat dengan munculnya aneka biscuit, snak , kue kering modern dan tradisional.  Bahkan dengan munculnya outlet penjualan khusus snak dan kue kering, merupakan tanda bahwa usaha kue kering ini sudah punya pasar tetap khusus.
Menjelang perayaan hari besar (lebaran,natal, tahun baru), ketika orang ramai dan sibuk mempersiapkan perhelatan besar tersebut, kehadiran kue menjadi sangat penting. Kue dan  disini memiliki fungsi tak hanya sebagai suguhan saat tamu datang, tapi juga menjadi kue hantaran keluarga.  Saat lebaran, beberapa kue disajikan khusus untuk menyambut tamu yang datang bersilahturahmi merayakan lebaran bersama.  Bisa dibayangkan berapa banyak kebutuhan kue hidangan tersebut untuk setiap keluarga. Yang paling disukai adalah kue  dan snak kering karena lebih praktis dan tahan lama. Sementara untuk kebutuhan hantaran, keluarga yang berkunjung seringkali membawa buah tangan atau sekedar member parcel. Kue kering menjadi alternative yang paling banyak dipilih. Otomatis permintaan kue snak kering menjadi besar.
Dapat dilihat di pasar tradisional, supermarket, outlet khusus sampai penjualan door to door penjualan kue kering  dan snak keirng sangat marak menjelang lebaran. Boleh dikatakan hari besar  adalah moment yang tepat untuk meningkatkan penjualan kue kering atau memulai usaha ini karena peluangnya begitu besar. Jenis kuenya beragam dalam kemasan yang bervariasi pula. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, yang memiliki budaya merayakan hari besar sudah pasti kebutuhannya sangat besar.



Kue Kering  Tanpa Telur, Bisakah ?
Telur menjadi salah satu bahan kebutuhan yang penting dalam pembuatan kue kering . Dalam kue kering telur memiliki fungsi sebagai sumber protein yang mengikat bahan di dalamnya baik yang berlemak maupun tepung. Telur memiliki peran penting sebagai bahan utama disamping tepung itu sendiri karena kehadiran telur bisa menciptakan tekstur dan rasa yang berbeda jauh. Disatu sisi pemakaian telur yang banyak juga rentan dengan kenaikan harga yang tidak stabil. Telur menjelang hari raya/besar dipastikan akan naik berkali kali lipat karena permintaan yang banyak.
Upaya untuk merekayasa bahan agar bisnis tetap eksis di tengah krisis dan kenaikan harga upaya menggantikan telur dengan bahan semacam EMULSIFIER KUE yang bisa membatu mengurangi biaya produksi. Hasil lebih konsisten dan praktis. Tidak perlu harus mengocok telur atau khawatir harga akan naik. Kemampuan pengganti telur ini disamping mengikat adonan juga memberikan tekstur renyah.

Tips  Agar   Murah
1. Merekayasa komposisi  agar lebih murah. Misal dengan mengurangi beberapa jumlah bahan baku yang mahal misal keju, telur dan mentega.
2. Mengurangi porsi dalam kemasan sehingga harga psikologis tercapai. Kemasan kecil akan lebih disukai karena terjangkau. Porsi kecil lebih murah.
3. Melakukan penggantian bahan dalam komposisi  dengan bahan yang lebih murah.Misalnya menggantikan telur dengan bahan pengganti telur , mentega dengan bos dst.
4. Membeli bahan baku bentuk “bulk” bukan bungkus kemasan, membeli dari supplier langsung sehingga mendapat harga khusus atau potongan. Menyederhanakan kemasan untuk mengurangi biaya.
5.  Mengambil keuntungan tidak terlalu banyak. Keuntungan sedikit tidak masalah asalkan omzetnya besar.
6. Memotong arus distribusi lebih sederhana, lebih dekat kepada konsumen sehingga harga lebih murah di tangan  konsumen langsung
7. Memeriksa mutu bahan baku, jika tidak bagus, ditolak. Ini penting untuk menghindari kerugian. Bahan baku yang jelek menyumbang kerugian besar.
8. Efisiensi cara kerja dan pekerja, sistem bonus atau tambahan bisa membuat pekerja lebih cepat dan akurat bekerja.
9. Manajemen FIFO, menjual snak berdasarkan urutan produksi untuk menghindari tertumpuknya barang dan mengendalikan kadaluarsa barang.

resep : kastangel tanpa telur
Bahan :
Terigu  protein rendah/sedang     400 gr
Keju                                               150 gr
Margarine                                         250 gr
Garam                                               5 gr
emulsifier                                        12 gr
Tepung jagung                                 35 gr                                                      
Cara Pembuatan :
Kocok margarine, sp, keju dan garam sampai lembut. Masukkan tepung terigu . Aduk  sampai adonan bisa dipulung. Cetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Oven sampai mengering, olesi dengan pewarna kuning dan keju parut.

*untuk menggantikan kocokan kuning telur bisa diganti dengan bahan murah : 1 gr cmc dikocok dengan air 250 ml lalu tambahkan pewarna kuning. agar harum boleh ditambahkan susu cair.

 

0 komentar