BISNIS OLAHAN POTENSI DAERAH Dodol Rumput Laut Aneka rasa « YuyunAnwar.Com

Jumat, 07 September 2012

BISNIS OLAHAN POTENSI DAERAH Dodol Rumput Laut Aneka rasa



Memilih Usaha Dodol Rumput Laut
Rumput laut merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah dikembangkan dan makin banyak dibudidayakan. Rumput laut secara luas paling banyak penggunaannya untuk industry besar yang menjadi bahan pokok dari olahan jeli, agar ataupun fungsi hidrocoloid lainnya. Dengan aneka jenis rumput laut yang tentunya berbeda penggunaanya, untuk tujuan ini harus bekerjasama dengan perusahaan besar, di pihak petani sebagai penyuplai bahan baku.
Usaha rumput laut sebenarnya bisa berkembang lebih baik dengan menambah nilai jual rumput laut tidak hanya dijual sebagai bahan baku tapi dengan menambah nilai (value). Salah satu caranya adalah dengan mengolah rumput laut menjadi produk yang siap untuk dikonsumsi.
Rumput laut (jenis cottoni misalnya) memiliki keunggulan disamping bahan baku mudah didapat juga memiliki tekstur yang kenyal dan fleksible sehingg cocok untuk olahan apapun apalagi rasa rumput laut yang cenderung tasteless (netral)  dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan lain sehingga menjadi lebih menarik dan variatif.
Bahan baku rumput laut yang bisa menggunakan rumput laut kering atau segar. Tujuan olahan cottonii adalah untuk meningkatkan value (profit keuntungan dan sustainable), solusi akibat kurangnya pabrik yang mengolah rumput laut (panen membludak) dan maksimalisasi hasil panen dimana hasil second grade (mutu kwalitas 2) bisa ditingkatkan dengan diolah lebih menarik. Olahan ini akan menambah usaha budidaya lebih produktif dan sustainable.
Mengapa Memilih Dodol  
Dodol adalah makanan tradisional yang banyak ditemui di seluruh wilayah Indonesia. Jajanan yang satu ini awalnya dibuat untuk tujuan hari raya tertentu. Dodol atau bahasa jawa disebut jenang memang cara membuat jajanan yang paling unik. Membutuhkan waktu yang lama dan perlu persiapan khsusu. Dodol selalu dibuat untuk suguhan atau hantaran khusus. Jadi pasar dodol sebenarnya sudah lama sekali dikenal di Indonesia. Dodol tradisional yang pertama kali dikenal adalah dari bahan beras/ketan dengan tambahan santan dan gula sebagai snak legit yang selalu ditunggu. Berlanjut dengan perkembangan dodol buah serta akhir akhir ini adalah dodol rumput laut.
Usaha dodol tak ada matinya, apalagi jika produk ini dikonsep sebagai oleh oleh khas daerah. Oleh oleh khas daerah lebih unik jika mengacu keunggulan daerah. Karena menghasilkan banyak rumput laut, maka memilih variasi dodol dari rumput laut bisa menjadi pilihan yang menarik.
Rumput laut yang tasteless (netral) dengan tekstur yang kenyal dan mudah digigit akan menghasilkan cita rasa dodol rumput laut yang lebih variatif. Agar olahan dodol up to date inovasi dengan menambahkan aneka jenis rasa. Cukup ditambahkan aneka bahan lainnya dan perasa maka dodol akan tampil lebih trendi. Dodol rumput laut tak hanya rasa original rumput laut tapi juga bisa ditambahkan coklat, buah, susu, cappuccino atau tambahan kacang kacangan sehingga tampil lebih komplit.

Strategi Pemasaran Dodol Rumput laut
Agar produk cepat diterima maka sangat penting membuat strategi usaha yang tepat . sebuah produk sebaiknya dirancang memiliki segmentasi yang jelas, positioning yang jelas dan keunggulan yang unik.
Agar tampil unik dodol dan selai harus dikemas cantik dan menarik lengkap dengan label dan merk yang tertera. Memilih segmen pasar yang jelas sangat penting. Memilih segmen pasar adalah memilih pembeli yang akan berminat terhadap selai dan dodol yang akan dibuat. Misalnay menentukan bahwa dodol yang dibuat untuk oleh oleh khas maka olahan dodol harus benar benar menunjukkan khas daerah dan dikemas dengan ukuran yang cocok untuk kemasan. Bentukny harus unik.  Sementara menetapkan keunggulan adalah konsep membuat pembeli tidak lupa dan selalu ingat dengan jenis produk yang dijual. Selai dalam kemasan unik, atau selai dengan tekstur yang lembut dan harum bisa dijadikan keunggulan.

Dodol Rumput Laut Rasa Cappucino
Bahan :
Gula putih 200 gr
Susu bubuk 25 gr
Cappucino bubuk 50 gr
Pewarna coklat, secukupnya
Benzoate 0.5 gr
Asam asorbate 0.5 gr
Tepung ketan 50 gr
Air melarutkan tepung ketan 100 ml
Cara Pembuatan :
Cuci rumput laut dengan menggunakan air bersih sampai bau khas rumput laut hilang. Jika perlu direndam dengan air kapur untuk menghilangkan baunya. Bilas dengan air bersih. Blender rumput laut sampai agak halus. Siapkan wajan pembuatan dodol. Masukkan tepung ketan, susu, kopi cappucino dan air sambil diaduk. Tambahkan rumput lalu lalu aduk sampai tercampur rata. Setelah agak mengentalkan tambahkan pewarna, asam asorbate dan benzoate. Biarkan mengental . adonan ini butuh waktu antara 30 menit pengadukan dengan menggunakan api kecil sampai dodol lengket dan kental. Cetak dodol dengan menggunakan Loyang. Bisa juga dibentuk aneka bentuk dengan menggunakan cetakan.  Penggemasan sebaiknya memperhatikan kebersihan dan sanitasi yang bagus sehingga dodol tidak berjamur. Gunakan kemasan yang bagus dan kuat sehingga tidak mudah terkontaminasi dengan air dan udara yang akan membuat dodol cepat berjamur dan rusak.
*Selain rasa cappuccino dodol bisa ditambahkan buah, susu, coklat , buah atau perasa lain sehingga variasi dodol semakin berkembang.
Resep dan Perhitungan Dodol Rumput laut cappucino

 Bahan 
 Berat/gr
 Harga/kg
 Biaya/Rp
 rumput laut
                  250.00
                   8,000.00
                          2,000.00
 gula pasir
                  200.00
                12,000.00
                          2,400.00
 susu bubuk
                   25.00
                45,000.00
                          1,125.00
 cappucino bubuk
                   50.00
                45,000.00
                          2,250.00
 pewarna coklat
                     1.00
                25,000.00
                                25.00
 benzoate
                     0.50
                35,000.00
                                17.50
 asorbate
                     0.50
                45,000.00
                                22.50
 Tepung ketan
                   50.00
                20,000.00
                          1,000.00
 Air 
                  100.00
                      125.00
                                12.50
 Jumlah
                  677.00

                          8,852.50
 Hasil jadi setelah kental
                        500.00

                        17,705.00
 Harga 1 kg dodol rumput laut


                        17,705.00


Analisa Usaha Penjualan Dodol rumput Laut Kemasan 250 gr x 40 pack


 Biaya Operasional



 biaya bahan 

 Rp.
                     177,050.00
 kemasan @ Rp. 1500 x 40 pack

 Rp.
                        60,000.00
 Tenaga kerja

 Rp.
                        45,000.00
 Biaya bahan Bakar

 Rp.
                        20,000.00
 Transport dll

 Rp.
                          7,000.00
 Jumlah Biaya operasional

 Rp.
                     309,050.00
 Harga pokok per pack

 Rp.
                          7,726.25
 harga jual per pack 250 gr

 Rp.
                        12,000.00
 omzet per hari

 Rp.
                     480,000.00
 keuntungan = omzet - biaya operasional

 Rp.
                     170,950.00
tulisan pernah dimuat di harian surya surabaya

2 komentar:

  1. Salam.
    Artikel ini sangat menarik dan terbuka peluang nya untuk memasukan berbagai rasa rempah rempah yang tersedia di daerah masing masing, juga semga benar menjanjikan nutrisi yang baik bagi semua umur.
    untuk YTH. IBU YUYUN, selamat terus berkarya semoga kami bisa membuktikannya dengan memakai referensi dar Bu untuk produksi kuliner.

    SWassalam.
    IAS.

    BalasHapus