5 HAL PENTING MEMBUAT ADONAN SIOMAY BATAGOR PEMPEK OTAK OTAK LEBIH LEMBUT KENYAL DAN MURAH* by yuyun anwar « YuyunAnwar.Com

Minggu, 29 November 2015

5 HAL PENTING MEMBUAT ADONAN SIOMAY BATAGOR PEMPEK OTAK OTAK LEBIH LEMBUT KENYAL DAN MURAH* by yuyun anwar



TIPS UNTUK PENGUSAHA YANG GALAU KARENA HARGA IKAN MEROKET
Membuat usaha siomay pempek dan batagor memang ada tehniknya agar lebih murah dan bisa dijual layak untuk skala produksi. Ingat untuk membuat produk harus efisien dan praktis.
Seringkali mengeluh karena membuat siomay pempek batagor akhirny jadi mahal kalau hanya mengandalkan resep yang ada. Ada yang bilang bikin siomay otak otak pempek tenggiri biar murah harus menggunakan labu siam , pakai telur sebagai pengikat dan seterusnya. Ujung ujungnya harga akan mahal juga kok. coba temukan semua resep dipasar metodenya sama cacah ikan lalu campur dengan tepung dan telur. tentunya terlalu mahal jika siomay batagor hendak dijual.
5 hal membuat adonan batagor siomay jauh lebih murah dan praktis yakni :
1. pengadukan cepat dengan menggunakan mesin mixer/blender yang berkecepatan tinggi sehingga restrukturisasi adonan bisa berjalan bagus. Gunakan mesin food processor atau gilingan bakso.
2. Rantai dingin dijaga, selama proses pembuatan dari bahan baku sampai pembentukan siomay batagor harus memperhatikan suhu dingin. semakin dingin semakin bagus. Adonan yang dingin membuat bakteri micororganisme sulit berkembang. mutu akan tetap bagus karena terhindar dari pembusukan.
3. PENAMBAHAN ES BATU, adonan harus ditambahkan es batu untuk menjaga rantai dingin dan secara ekonomis es batu bisa membuat adonan lebih murah lembut namun tetap kenyal.
4. MENJAGA MUTU BAHAN BAKU, semakin bagus bahan baku yang digunakan berarti semakin bagus kinerja protein untuk mengikat adonan jauh lebih kompak dan rata. Protein mudah rusak karena suhu panas . indicator ikan bagus bisa dilhat dari kekekntalan adonan pada saat dibuat.
5. Penggunaan fosfat makanan atau sodium tripoliphospate
 Jadi untuk membuat adonan yang bagus dan kenyal harus ada alatnya . Jangan menggunakan blender karena bagian bawah blender panas akan merusaka protein ikan.
So, adonan bisa murah kan karena bisa ada kontribusi dari es batu . jika ikan bagus bisa sampai 25%. Bayangkan, es batu lebih murah dari ikan . naaah.....silahkan dicoba. Semoga bisninis makin sukses.


YANG MASIH PENASARAN BISA IKUTI KURSUS MEMBUAT BATAGOR PEMPEK SIOMAY OTAK OTAK YUYUN ANWAR  di MAKSINDO ACADEMY dan Tristar Culinary surabaya

MENJADI PENGUSAHA PEMPEK, OTAK OTAK DAN SIOMAY BATAGOR
DARI RETAIL, KATERING DAN RESTO
Yuyun Anwar , penulis dan praktisi pangan dari Jakarta membuka kesempatan bagi anda yang ingin memulai usaha pempek dan siomay. dalam kelas ini tidak hanya mengupas resep tapi juga membahas peluang usaha pempek baik sebagai supplier sampai resto. Kelas terbatas, sehingga peserta bisa berkonsultasi langsung dengan yuyun anwar secara gratis. Jika catering dan warung dapat order besar lalu sehari semalam harus masak. Membuat stok pempek dan siomay solusi terbaik. Pempek siomay batagor bisa disajikan kapanpun dan disimpan beku. Bagaimana caranya agar hasil makanan beku tetap enak dan mudah disajikan. Workshop kali ini akan membuka banyak kiat membuat bisnis makanan retail, catering atau warung anda jauh lebih mudah.
Materi Workshop (fullday)
1. Mengenal peluang dan strategi usaha pempek
Siomay batagor retail warung dan catering.
2.Mengenal Rantai dingin dan adukan cepat,
tehnologi membuat pempek empuk dan kenyal
3.Mengawetkan dan mengemas pempek
4.Analisa Usaha, penetapan harga
Praktek Bersama Dengan Resep Paten*
1.Pempek Beku
2. Siomay Bandung
3. Batagor Frozen
4. Otak Otak Beku
5. Cuko Dan Bumbu Kacang Beku
Tanggal : Senin, 14 Maret 2016
Waktu : Jam 10.00 - Selesai
Tempat : Graha Akpar Majapahit-Tristar, Jl. Raya
Jemursari 244, Surabaya
**Free talkshow : konsultasi gratis dengan Ibu Yuyun**
Untuk Informasi & Pendaftaran hubungi :
(AKPAR MAJAPAHIT-TRISTAR CULINARY INSTITUTE)
Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Tlp. (031) 8433224-5, 8480821, 81639992, 0817321024, 085731804143
Fax. (031) 8432050
BB PIN : 2699992D / 2B4E0E95 / 57BD7954



0 komentar