Tehnik IQF HOME INDUSTRY : CARA MENGAWETKAN BEKU ALA YUYUN ANWAR « YuyunAnwar.Com

Rabu, 23 April 2014

Tehnik IQF HOME INDUSTRY : CARA MENGAWETKAN BEKU ALA YUYUN ANWAR

Apa itu pembekuan ?
adalah membekukan makanan di suhu minus dengan menggunakan mesin pembekuan. Karea mesin pembekuan mahal, UKM bisa mensiasati dengan menggunakan mesin freezer atau pembuat es. Hasilnya lumayan bagus untuk mempertahankan makanan dalam jangkan beberapa bulan dan rasa tidak mengalami perubahan
Pengawetan dengan beku adalah pengawetan dengan mengandalkan suhu beku sehingga pertumbuhan bakteri tidak berlangsung. Suhu beku adalah minus +/1 -18 derajat C.
Apa itu IQF ala Yuyun Home Industri ?
IQF adalah kepanjangan dari individual quick frozen yakni pembekuan dengan waktu cepat dan secara satu persatu/tidak menempel. Selain IQF ada pembekuan Block frozen sehingga makanan dibekukan dalam bentuk gumpalan besar.
IQF cocok untuk produk ukuran kecil sehingga tidak menempel satu sama lain. karena tidak menempel satu sama lain maka bentuknya tidak berubah / tidak rusak, lebih dingin bakteri tdk tumbuh dan bisa diambil sesuai kebutuhan.cocok untuk nuget, baso, sosis, risol, karage dst
CARANYA :
1. makanan yang akan dibekukan pastikan sudah kondisi dingin
2. ambil nampan atau baki berlubang, atur dan tata satu persatu tidak berhimpitan produknya.
3. masukan produk dalam nampan dalam freezer (usahakan 1 freezer khusus membekukan)
4. biarkan 3-4 jam sesuai ukuran produk. jika sudah mengeras dan sperti batu dingin ,makanan bisa dikemas dengan menggunakan plastik PE.

Semoga tehnik ini bisa menolong teman teman yang ingin usaha frozen food tapi duitnya belum cukup untuk beli mesin pembekuan. semoga bermanfaat.
makanan yg dingin ditata tidak berhimpitan

masukkan dalam freezer
Kemas dengan plastik PE

0 komentar