Dim sum harus cantik dan enak ? apa benar hanya chef pengalaman yang bisa bikin ? jadi kalau mau produksi massal tidak bisa dong « YuyunAnwar.Com

Selasa, 30 Oktober 2012

Dim sum harus cantik dan enak ? apa benar hanya chef pengalaman yang bisa bikin ? jadi kalau mau produksi massal tidak bisa dong



Dim sum selalu dikaitkan dengan seni dan cita rasa yang enak sehingga seolah konotasinya dim sum adalah makanan khusus yang harus dibuat oleh ahlinya. Chef khusus dari cina misalnya, namun dengan teknologi dan standard pembuatan yang baik cara pembuatan bisa dikerjakan oleh semua orang. Pelatihan yang terus menerus bisa menghasilkan karyawan yang mampu membuat aneka dim sum tak kalah cantiknya dengan buatan chef hotel resto.
Pembuatan bumbu dan standar berat serta bentuk diberikan ukuran jelas sehingga karyawan tidak menemui kesulitan dan terbiasa membuat sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Sementara agar rasa tetap enak dan konsisten maka formulasi atau resep dibuat dengan takaran yang sesuai dan pas.  Jadi tidak ada masalah dengan pembuatan dim sum meski harus cantik dan enak, bisa dibuat dalam skala massal atau besar asal memiliki system dan cara pembuatan yang baku. Semisal untuk membuat jenis dim sum lumpia goreng maka harus memiliki resep yang pas dan jelas dari komposisi sampai cara pembuatan. Komposisi adonan standar lalu bentuk lumpia harus ditetapakan panjang , lebar, diameter serta prosentase antara isi lumpi adan isi.
Dim sum yang dibuat bisa menjadi makanan instan yang bisa disajikan kapanpun. Dengan cara membekukan dim sum maka penyajian dim sum bukan lagi hal yang sulit. Dengan memiliki stok dim sum siap saji kapapun bisa menyajikan tak perlu mengambil koki handal untuk memasakanya karena kita sudah punya persediaan dalam bentuk beku.

0 komentar